Selamat Datang di Masjid Ulil Albab Universitas Islam Indonesia
Home » » Adab memakai sandal

Adab memakai sandal

Written By Femrino on Kamis, Februari 05, 2009 | 2/05/2009

Review Kajian Akhlak Kamis 5 Februari 2009
Hadits Ke 1478, Adab memakai sandal.


َوَعَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( إِذَا اِنْتَعَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَبْدَأْ بِالْيَمِينِ, وَإِذَا نَزَعَ فَلْيَبْدَأْ بِالشِّمَالِ, وَلْتَكُنْ اَلْيُمْنَى أَوَّلَهُمَا تُنْعَلُ, وَآخِرَهُمَا تُنْزَعُ )

Dari sahabat Ali bin Abi Thalib RA, bahwasannya Rasulullah SAW. bersabda: “Apabila seseorang diantara kalian memakai sandal, hendaklah ia mendahulukan bagian yang kanan, dan jika melepaskannya maka hendaklah dimulai dengan bagian yang kiri. Maka hendaklah jadikan bagian yang kanan itu sebagai permulaan ketika memakai sandal dan bagian yang paling akhir saat melepaskannya. “ Muttafaqun ‘alaih.

Dalam riwayat yang lain, sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim, bahwasannya Nabi SAW menyenangi untuk memulai dari bagian yang kanan, dalam memakai sandal, ketika menyisir rambut, ketika berwudhu, dan di dalam setiap perbuatan yang baik.
Hadits ini menerangkan bahwasannya Nabi SAW selalu memulai dengan bagian yang kanan untuk perbuatan-perbuatan yang baik dan mengakhiri dengan bagian yang kiri untuk perbuatan yang makruh dan yang dianggap kotor. Sehingga ketika Nabi SAW memakai baju selalu memasukkan tangan kanan terlebih dahulu daripada tangan yang kiri. Demikian juga saat hendak masuk masjid, selalu diawali dengan bagian yang kanan.

Rasulullah SAW juga mengkhususkan untuk memulai dengan tangan kanan ketika makan, ketika minum dan ketika bersalaman, atau saat memberikan sesuatu dan juga mengambil sesuatu. Terkadang yang kita lalaikan saat kita memberikan sesuatu barang kita sering menggunakan tangan kiri. Dan hal inilah yang patut kita hindari.

Sedangkan untuk bagian yang kiri itu dikhususkan untuk membersihkan sesuatu. Ketika istinjak digunakanlah tangan kanan, gosok gigi dan melangkahkan kaki kiri terlebih dahulu saat masuk ke dalam kamar mandi. Kecuali ketika bersiwak, disunnahkan memakai tangan kanan jika hendak shalat dan bersuci.

Hadits Ke 1479


َوَعَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( لَا يَمْشِ أَحَدُكُمْ فِي نَعْلٍ وَاحِدَةٍ, وَلْيُنْعِلْهُمَا جَمِيعًا, أَوْ لِيَخْلَعْهُمَا جَمِيعًا ) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِمَا

Dari sahabat Dari sahabat Ali bin Abi Thalib RA, bahwasannya Rasulullah SAW. bersabda: “Janganlah salah seorang diantara kalian berjalan dengan menggunakan satu sandal saja (baik itu yang kanan saja atau yang kiri saja), maka hendaknya ia memakai keduanya atau melepasnya. “ Muttafaqun ‘alaih.

Hikmah dari larangan Rasulullah tersebut, adalah karena kegunaan dari sandal atau sepatu itu sebagai pelindung kaki dari sesuatu yang dapat melukai dan membahayakan. Jika kita menggunakan satu sepatu saja, maka ada satu kaki yang tidak terlindungi. Dan juga tidak termasuk bersikap adil kepada anggota badan kita. Melindungi yang satu tetapi juga menelantarkan yang lain. Maka sekali lagi hendaknya ia menggunakan sepasang sandalnya ataupun melepaskan keduanya.

Disebutkan oleh Imam Ibnu al-Araby, hikmah lainnya yaitu memakai sepatu atau sandal hanya satu saja itu termasuk amalan syaithan, karena seperti itulah syaithan berjalan. Maka perbuatan yang seperti itu dilarang, karena agama Islam itu adalah agama yang menyeru kepada kesempurnaan dan keseimbangan serta agama yang indah yang suka terhadap keindahan. Wallahu’a’lam.


Share this article :

1 komentar:




Ikut Kajian ! ! !

Download Brosure



Informasi Jadwal Kajian & Pelatihan

1. Kajian Aqidah
Bersama Ust. Abdussalam Busyro
Setiap Hari Selasa (*pekan ganjil) Ba'da Maghrib

2. Kajian Pendidikan dalam Islam
Bersama Ust. Fatan Fantastic
Setiap Hari Selasa (*pekan genap) Ba'da Maghrib

3.
Kajian Tafsir Al-Qur'an
Kitab Al-Muyassar
Bersama Ust. Suprianto Pasir, M.Ag
Setiap Hari Rabu Ba'da Maghrib

4. Kajian Tafsir Juz Amma
Bersama Ust. Okrisal Eka Putra, Lc
Setiap Hari Kamis Ba'da Maghrib

5. Kajian Akhlak
Bersama Ust. Abu Abdirrohman
Setiap Hari Jum'at Ba'da Maghrib

6. Pelatihan Tilawatil Qur'an
Bersama Ust. Ngaliman (Qori' Nasional)
Setiap Hari Sabtu Ba'da Maghrib

7. Pelatihan Adzan
Bersama Alumni TMUA UII
Setiap Hari Sabtu & Ahad Ba'da Shubuh


 
Support : Creating Website | Forum Berbagi | Ulil Albab UII
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. : Ulil Albab Cahaya UII : - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Forum Berbagi