Selamat Datang di Masjid Ulil Albab Universitas Islam Indonesia
Home » » Rektor UII Membuka Khutbah Jumat 2012 Masjid Ulil Albab

Rektor UII Membuka Khutbah Jumat 2012 Masjid Ulil Albab

Written By Rahman bliiZeer on Senin, Januari 09, 2012 | 1/09/2012


Sleman, 6 Januari 2012

Pelaksanaan ibadah jumat Masjid Ulil Albab di tahun 2012 diawali dengan khutbah yang disampaikan oleh Rektor Universitas Islam indonesia, Prof. Dr. H. Edy Sundy hamid, M.Ec. Proses sidang jumah ini dimulai ketika khatib menaiki mimbar. Adzan sendiri dikumandangkan oleh saudara Rahmat Hidayat, sedangkan imam ialah ust. Ovide Decroly yang merupakan alumni dari Takmir Masjid Ulil Albab.
Dalam Khutbahnya beliau menghimbau kepada seluruh jamaah agar sekiranya melakukan sebuah perenungan, muhasabah dan proses instropeksi diri terkait dengan pergantian tahun baru ini. Pergantian tahun merupakan salah satu proses perjalanan waktu yang tidak dapat dielak keberadaannya. Tentu, dengan bertambahnya tahun maka bertambah pula usia kita. Dan seiring bertambahnya usia inilah apakah amal ibadah dan amalan amalan yang lain juga ikut bertambah? Inilah yang menjadikan kita perlu melakukan sebuah proses Muhasabah tersebut atas tindakan dan amal yang telah kita kerjakan.
Waktu kehidupan terus bertambah, hari berganti hari, bulan berganti bulan dan tahun berganti tahun yang terkadang tanpa kita sadari bahwa kita semakin tua. Ini berarti bahwa semakin sedikit waktu yang kita butuhkan untuk berbuat kebaikan dan memperbanyak amal sebagai bekal kehidupan kelak. Terkait perejalanan waktu ini, wajib kita mensyukuri atas kenikmatan dari Allah SWT berupa kesempatan untuk
bisa menghirup udara di tahun baru ini. Baik tahun baru miladiyah maupun tahun baru hijriyah. Mengapa rasa syukur ini perlu kita pupuk dan kita amalkan? Karena dengan bergantinya tahun, baik miladiyah maupun hijriyah, Allah SWT masih memberikan kesempatan dan peluang kepada kita untuk bisa membuat amalan dan berinfestasi sebagai bekal akherat kelak.
Prof. Dr. H. Dy Sundy hamid, M.Ec juga menyampaikan bahwa alangkah beruntung apabila dengan bertambahnya usia kita maka bertambah pula amal shaleh, amal ibadah dan amalan-amalan lainnya yang mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sebaliknya begitu ruginya kita apabila yang bertambah adalah dosa, maksiat dan amalan-amalan yang mendatangkan kemurkaan dari Allah SWT. Sebagaimana sabda Rasululah yang diriwayatkan Ahmad “Manusia yang paling baik ialah yang panjang umurnya dan baik amal perbuatannya. Manusia paling rugi ialah yang panjang umurnya namun buruk amal perbuatannya”. Oleh karena itu, sungguh tepat bahwa awal tahun baru ini kita melakukan muhasabah untuk melihat, mengira-ira, dan mengkaji apakah tahun sebelumnya telah kita isi dengan amalan baik yang memberikan manfaat bagi diri kita, sosial maupun umat seluruhnya.
Didalam data yang dipublish oleh United Nation Developement Program, usia harapan hidup orang indonesia itu rata-rata 69.4 tahun. Oleh karena itu mari kita renungkan bersama di awal tahun baru ini, bagaimana ibadah kita, bagaimana ibadah-ibadah sunah atau pun ibadah mahdoh lainnya. Bagaimana pula muamalah kita, amanah-amanah yang kita emban, sudah kah optimal kita lakukan. Seandainya masih belum optimal, sudah selayaknya kita benahi agar tidak disebut sebagai manusia yang rugi sebagaimana hadits diatas.
Ada sebuah pepatah mengatakan “Barangsiapa hari ini lebih baik dari hari kemarin maka dialah termasuk orang yang beruntung, barangsiapa hari ini sama dengan hari kemarin maka dialah orang yang rugi dan barangsiapa hari ini lebih buruk dari hari kemarin maka dia termasuk orang yang celaka”. Point yang harus kita kerjakan adalah melakukan sebuah akselerasi, apabila ingin bergabung dalam golongan yang beruntung maka setiap hari hendaknya melakukan up grade dalam arti positif, yakni meningkatkan amal ibadah, kebajikan dan perbuatan baik lainnya. Jangan sampai terjadi suatu tingkat kestatisan dimana kehidupan sehari-hari kita berjalan biasa-biasa saja. Apalagi mengalami degradasi amal perbuatan, karena sungguh celaka tipikal orang seperti ini. Jika diantara kita merasa pada posisi degradasi ini, hendaknya secepat mungkin untuk mengingat Allah, memperbaiki kesalahan yang ada, meluruskan niat dan berusaha meningkatkan amal perbuatan.
Point selanjutnya yang beliau sampaikan ialah terkait dengan manajemen waktu sebagai implementasi bahwa hari ini lebih baik dari hari sebelumnya. Menghargai waktu dan menggunakannya pada hal-hal yang bermanfaat dan mendatangkan keberkahan. Sesuai firman Allah dalam surat Al Asr ayat 1-3 ;
Dalam surat ini menegaskan 4 cara agar waktu hidup kita tidak merugi. Yang pertama jelas beriman kepada Allah SWT. Iman ini diutarakan lewat lisan dengan dua kalimah, kemudian kita tanamkan keimanan tersebut dalam hati dan diterapkan dalam setiap gerak kita dengan cara mengerjakan perintah Allah SWT dan menjauhi segala larangan-Nya. Yang kedua ialah senantiasa beramal saleh. Berikutnya yang ketiga ialah saling nasihat menasihati dalam kebaikan. Dan yang terakhir ialah memelihara sifat sabar dalam segala hal.
Inti pesan pada surat Al Asr ini adalah betapa pentingnya manajemen waktu yang perlu kita internalisasikan dalam kehidupan sehari hari. Waktu merupakan salah satu nikmat yang diberikan kepada Allah SWT, untuk itu wajib kita manfaatkan betul-betul karena waktu adalah sesuatu yang langka dan mahal harganya. Ia tidak dapat dibeli dan terjadi hanya satu kali saja, tidak dapat ditambah dan tidak dapat dikurangi serta tidak dapat diputar kembali.
Tepat 20 menit berlangsung, khutbah jumat pekan ini disampaikan dan seluruh jamaah melaksanakan shalat jumat secara berjamaah. Suasana hikmat menyelimuti seluruh barisan shaf jamaah dan tiap sudut masjid. Pukul 12.30 WIB pelaksanaan ibadah jumat telah selesai dan seluruh elemen masyarakat kembali pada kesibukan masing-masing.
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !




Ikut Kajian ! ! !

Download Brosure



Informasi Jadwal Kajian & Pelatihan

1. Kajian Aqidah
Bersama Ust. Abdussalam Busyro
Setiap Hari Selasa (*pekan ganjil) Ba'da Maghrib

2. Kajian Pendidikan dalam Islam
Bersama Ust. Fatan Fantastic
Setiap Hari Selasa (*pekan genap) Ba'da Maghrib

3.
Kajian Tafsir Al-Qur'an
Kitab Al-Muyassar
Bersama Ust. Suprianto Pasir, M.Ag
Setiap Hari Rabu Ba'da Maghrib

4. Kajian Tafsir Juz Amma
Bersama Ust. Okrisal Eka Putra, Lc
Setiap Hari Kamis Ba'da Maghrib

5. Kajian Akhlak
Bersama Ust. Abu Abdirrohman
Setiap Hari Jum'at Ba'da Maghrib

6. Pelatihan Tilawatil Qur'an
Bersama Ust. Ngaliman (Qori' Nasional)
Setiap Hari Sabtu Ba'da Maghrib

7. Pelatihan Adzan
Bersama Alumni TMUA UII
Setiap Hari Sabtu & Ahad Ba'da Shubuh


 
Support : Creating Website | Forum Berbagi | Ulil Albab UII
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. : Ulil Albab Cahaya UII : - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Forum Berbagi