Selamat Datang di Masjid Ulil Albab Universitas Islam Indonesia
Home » » Ust Fadhlan ‘Dai Sabun’ Beri Tausiyah di Masjid Ulil Albab UII

Ust Fadhlan ‘Dai Sabun’ Beri Tausiyah di Masjid Ulil Albab UII

Written By Abul on Jumat, April 27, 2012 | 4/27/2012


Tak seperti Jum`at biasanya, Masjid Ulil Albab Kampus Terpadu UII tidak hanya dijadikan sebagai sarana menunaikan Sholat Jum`at bagi masyarakat muslim UII dan sekitarnya. Pasalnya, pada Jum`at (27/4) kali ini Takmir Masjid Ulil Albab Kampus Terpadu bersama Direktorat Pendidikan dan Pengembangan Agama Islam (DPPAI) UII merangkai Jumatan dengan taushiyah akbar bersama Ustadz Fadlan Garamatan dari Papua. Taushiyah yang diadakan tepat seusai Jumatan ini turut dihadiri oleh Wakil Rektor I UII Nandang Sutrisno, SH, LLM, M.Hum, Ph.D., Direktur DPPAI UII dr. Agus Taufiqurrahman, MKes, dan stafnya beserta seluruh jamaah Jum`at.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor I UII Nandang Sutrisno, SH, LLM, M.Hum, Ph.D. menyambut hangat kehadiran Ust. Fadlan di UII. Menurutnya, pengalaman Ustadz Fadhlan berdakwah di wilayah Papua tentunya akan memberikan banyak pencerahan bagi jamaah. “Keberadaan Ustadz Fadlan ini, membuktikan bahwa dakwah itu bisa dilakukan siapapun, di manapun, bahkan dalam kondisi dan situasi sesulit apapun. Semoga semangat dakwahnya dapat tertular kepada kita semua”harap Nandang.


Berdakwah dengan Sabun

Dalam taushiyahnya, ustadz yang bernama lengkap M. Zaaf Fadzlan Rabbani Al Garamatan ini banyak mengungkapkan pengalamannya saat berdakwah di wilayah Indonesia Timur, Papua. Keadaan masyarakat Papua di daerah pedalaman yang hidup dalam kondisi terbelakang  secara tidak langsung menjadi  tantangan tersendiri bagi Ustadz Garamatan dalam berdakwah. Dan model dakwah yang digunakan oleh Fadlan berbeda dengan rekan-rekannya. Apabila para ustad selama ini lebih banyak berdakwah dalam bentuk majelis taklim, Fadlan justru memilih menggunakan sabun dan shampoo untuk mengajak masyarakat Papua keluar dari keterbelakangan.

Pihaknya sangat tidak setuju jika masyarakat Papua dibiarkan tidak berpendidikan, telanjang, mandi hanya tiga bulan sekali dengan lemak babi, dan tidur bersama babi. Baginya, perilaku tersebut merupakan penghinaan.”Sama saja dengan pembunuhan hak asasi manusia” tegasnya.

Untuk itu, saat berdakwah pertama kali di lembah Waliem, Wamena, alumnus Universitas Hasanuddin Makassar di bidang ekonomi ini datang membawa konsep kebersihan sebagian dari iman. Fadlan memulainya dengan mengajarkan mandi besar kepada salah satu kepala suku. Ternyata ajaran itu disambut positif oleh sang kepala suku. ”Baginya mandi dengan air, lalu pakai sabun, dan dibilas lagi dengan air sangat nyaman dan wangi” jelasnya ringan.

Selain itu, dirinya menyampaikan kenangannya saat memperkenalkan ibadah sholat bagi masyarakat Wamena. ”Di Irian itu, babi banyak berkeliaran layaknya mobil antri, sehingga untuk mendirikan sholat harus mendirikan panggung dulu. Saat kami melakukan sholat, orang-orang pedalaman langsung mengelilingi dan memperhatikan kami dengan seksama setiap gerakan. Selesai sholat, kami ditanya mengapa mengangkat tangan, mengapa menyium bumi, mengapa berucap – ucap, dan lain hal”terangnya. “Maka kami menjelaskan sedetailnya sesuai pemahaman mereka (masyarakat Wamena)”ujarnya.

Dakwah seperti ini yang dia gunakan. Mengajarkan kebersihan, dialog dengan apa yang mereka pahami, pergi ke hutan rimba, dan membuka informasi. Di setiap daerah yang dikunjungi, Ust.Fadlan selalu bersikap santun. Shalat di tengah-tengah komunitas `asing' tak pernah ia tinggalkan. Oleh karenanya, dengan dakwah yang sudah dijalankannya selama 19 tahun tersebut banyak orang Papua yang masuk Islam. Tercatat 45% warga asli memeluk agama Islam. Jika ditambah dengan para pendatang, maka pemeluk Islam sebanyak 65% dari seluruh jiwa yang ada di pulau burung tersebut.

Sumber : Ulilalbab News
Share this article :

1 komentar:

  1. Assalamualakum..

    Download videonya kajian Ustadz Fadlan yg ini dimana akh?

    BalasHapus




Ikut Kajian ! ! !

Download Brosure



Informasi Jadwal Kajian & Pelatihan

1. Kajian Aqidah
Bersama Ust. Abdussalam Busyro
Setiap Hari Selasa (*pekan ganjil) Ba'da Maghrib

2. Kajian Pendidikan dalam Islam
Bersama Ust. Fatan Fantastic
Setiap Hari Selasa (*pekan genap) Ba'da Maghrib

3.
Kajian Tafsir Al-Qur'an
Kitab Al-Muyassar
Bersama Ust. Suprianto Pasir, M.Ag
Setiap Hari Rabu Ba'da Maghrib

4. Kajian Tafsir Juz Amma
Bersama Ust. Okrisal Eka Putra, Lc
Setiap Hari Kamis Ba'da Maghrib

5. Kajian Akhlak
Bersama Ust. Abu Abdirrohman
Setiap Hari Jum'at Ba'da Maghrib

6. Pelatihan Tilawatil Qur'an
Bersama Ust. Ngaliman (Qori' Nasional)
Setiap Hari Sabtu Ba'da Maghrib

7. Pelatihan Adzan
Bersama Alumni TMUA UII
Setiap Hari Sabtu & Ahad Ba'da Shubuh


 
Support : Creating Website | Forum Berbagi | Ulil Albab UII
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. : Ulil Albab Cahaya UII : - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Forum Berbagi