Selamat Datang di Masjid Ulil Albab Universitas Islam Indonesia
Home » » Sarasehan Budaya di FH UII bersama Cak Nun

Sarasehan Budaya di FH UII bersama Cak Nun

Written By Abul almaududi on Selasa, April 03, 2012 | 4/03/2012

Hadir dalam Sarasehan Budaya Takmir Masjid Al-Azhar FH UII
*Heri Kurniawan

       Sarasehan Budaya, dengan tema “Memabangun Kultur Kenabian dalam Era Kontemporer” yang diusung oleh Takmir Masjid Al-Azhar FH UII menjadi acara yang cukup menarik perhatian banyak mahasiswa dan masyarakat. Acara dengan menghadirkan Emha Ainun Najib atau sering disapa Cak Nun yang hadir lengkap dengan grup musik besutannya Kyai Kanjeng  tersebut juga menghadirkan wakil ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sekaligus dosen FH UII, Bapak Dr. M. Busyro Muqoddas, S.H, M.Hum, Bapak Nandang Sutrisno, SH., LLM., M.Hum.,Ph.D., selaku wakil Rektor I UII dan Bapak Dekan FH UII, Bapak Dr. Rusli Muhammad, SH. MH,. Menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami, Takmir Masjid Ulil Albab UII bisa hadir memenuhi udangan yang diberikan oleh Takmir Masjid Al-Azhar FH UII.

     Ditemui di sela-sela aktivitasnya, salah satu panitia dari acara tersebut mengatakan bahwa acara Sarasehan Budaya ini awalnya akan diselenggarakan dalam rangka memperingati maulid Nabi. Tapi karena suatu dan lain hal akhirnya diundur dan menjadi salah satu dari sekian banyak rentetan kegiatan Takmir Masjid Al-Azhar Expo.

         Disampaikan dalam acara tersebut oleh Dr. Busyro Muqoddas bahwa “hukum Indonesia perlu dibawa ke dalam kerangka pandang atau perspektif kenabian, atau lebih mudah dikenal dengan hukum profetik. Yaitu hukum yang memiliki kualitas moral dan akhlak. Dengan menjadikan perilaku kenabian sebagai sumber hukum yang ada di Indonesia maka akan diperoleh refleksi hukum sebagai nilai-nilai akhlak yang meliputi keutamaan dan kemuliaan”. Hukum profetik inilah yang memang perlu untuk diterapkan di negeri ini.

        Mengutip dari apa yang disampaikan oleh Bapak Dr. Rusli Muhammad, SH. MH.,  “Pernah Nabi mengatakan bahwa suatu saat nanti presiden atau pemimpinnya seperti singa, kemudian para menteri atau pembantunya seperti serigala, kemudian para penegak-pengak hukumnya, para hakim-hakimnya seperti anjing dan rakyatnya seperti kambing. Ini merupakan perumpamaan Nabi terhadap kondisi suatu saat nanti”. Kemudian beliau menambahkan, ”saya tidak tahu apakah sekarang ini sudah seperti itu”. Begitu yang disampaikan oleh Bapak Dekan FH UII.

        Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa antara Cak Nun dan Bapak Busyro mempunyai kedekatan khusus yaitu pernah duduk di satu bangku sekolah. Di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta ini lah yang menjadi saksi kisah persahabatan mereka. Kedekatan itu pun nampak dalam kegiatan ini.
Tanpa terasa, waktu sudah menunjukan pukul 00.15 WIB mengharuskan kami untuk segera beranjak dari tempat duduk yang beralaskan sandal jepit. Kami pun pulang dengan membawa sejuta cerita menarik di balik serunya acara Sarasehan Budaya Takmir Masjid Al-Azhar FH UII.
Heri Kurniawan
Ka.Div Relasi Publik
Masjid Ulil Albab Universitas Islam Indonesia
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !




Ikut Kajian ! ! !

Download Brosure



Informasi Jadwal Kajian & Pelatihan

1. Kajian Aqidah
Bersama Ust. Abdussalam Busyro
Setiap Hari Selasa (*pekan ganjil) Ba'da Maghrib

2. Kajian Pendidikan dalam Islam
Bersama Ust. Fatan Fantastic
Setiap Hari Selasa (*pekan genap) Ba'da Maghrib

3.
Kajian Tafsir Al-Qur'an
Kitab Al-Muyassar
Bersama Ust. Suprianto Pasir, M.Ag
Setiap Hari Rabu Ba'da Maghrib

4. Kajian Tafsir Juz Amma
Bersama Ust. Okrisal Eka Putra, Lc
Setiap Hari Kamis Ba'da Maghrib

5. Kajian Akhlak
Bersama Ust. Abu Abdirrohman
Setiap Hari Jum'at Ba'da Maghrib

6. Pelatihan Tilawatil Qur'an
Bersama Ust. Ngaliman (Qori' Nasional)
Setiap Hari Sabtu Ba'da Maghrib

7. Pelatihan Adzan
Bersama Alumni TMUA UII
Setiap Hari Sabtu & Ahad Ba'da Shubuh


 
Support : Creating Website | Forum Berbagi | Ulil Albab UII
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. : Ulil Albab Cahaya UII : - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Forum Berbagi