Selamat Datang di Masjid Ulil Albab Universitas Islam Indonesia
Home » » Suara Ulil tak Bergema

Suara Ulil tak Bergema

Written By Abul almaududi on Selasa, Maret 27, 2012 | 3/27/2012

Suara Ulil tak Bergema
*Harun Abdul Aziz

Tiga hari ini agaknya kampus UII sepi tidak digemparkan lantunan merdu dari si mungil ULIL ALBAB. Ya, mulai jumat sore (23/3/2012) sampai senin pagi (26/3/2012) kumandang adzan di Masjid Ulil Albab Universitas Islam Indonesia tidak terdengar keras seperti biasanya. Lantaran speaker atau pengeras suara luar mengalami kerusakan sehingga selama tiga hari itu hanya mengandalkan suara dalam saja.

Senin (26/3/2012), disinyalir bahwa kerusakan terjadi pada amplifier akibat penggunaan yang terlalu berlebihan. Ada beberapa komponen elektronik juga yang terbakar  sehingga pengeras suara tersebut mati dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya. “Kerusakan ini terjadi karena penggunaan yang terlalu berlebihan, suara muadzin yang terlalu tinggi serta pengaturan volume dan bass yang terlalu besar” ujar salah seorang pengurus Takmir ketika memeriksanya.

Bapak M. Hidayatullah juga menegaskan bahwa selain factor-faktor tersebut, pengaturan volume pada amplifier juga perlu di evaluasi dan beberapa komponen elektronik memang harus diganti. Beliau ini adalah teknisi yang bertahun tahun telah menangani masalah pengeras suara di Masjid Ulil Albab. Bersama dengan beberapa pengurus Takmir senin pagi itu dilakukan pemeriksaan dan perbaikan.

Beberapa jamaah mengeluhkan adanya kerusakan ini. Yang biasanya dapat mendengar lantunan adzan merdu dari Masjid Ulil Albab namun panggilan sholat tersebut tidak terdengar keras sebagaimana biasanaya. Ada juga yang mengira bahwa belum iqomah, tapi ternyata sholat jamaah telah didirikan. Dan kerusakan seperti ini mengapa harus menunggu tiga hari dalam perbaikannya. Beberapa suara jamaah masuk mengkritisi hal tersebut.

Ditemui pada meja kerjanya, Ka.Div SP (Sarana Prasarana) Masjid Ulil Albab, Chepy Permana, menyebutkan bahwa proses perbaikan yang menunggu hari senin ini bukan karena kurang respon atau menyepelekan. Namun menunggu Bapak M. Hidayatullah selaku teknisi Masjid Ulil Albab yang kebetulan sedang berada diluar kota dan kembali ke jogja pada hari Ahad sore. “kami bisa saja memanggil orang untuk segera memperbaiki kerusakan pengeras suara ini, namun kami juga mempertimbangkan pengaruh ke depannya. Apabila yang menangani adalah orang luar tentu akan memeriksa segala bagian pada system pengeras suara dan kami khawatir jika settingannya tidak sesuai akan berdampak kedepan. Untuk itu, kami menunggu teknisi yang sudah biasa menangani hal ini agar tidak terjadi keslahan pada bagian yang lain.” Sahut Ka.Div Sarana Prasarana ini. Ia menambahkan bahwa selaku pengurus Takmir Masjid Ulil Albab Universitas Islam Indonesia memohon maaf kepada seluruh jamaah atas kekurang nyamanan ini dan semoga pada lain kesempatan dapat segera teratasi secepatnya.

Senin pagi perbaikan pun segera dilakukan. Ada beberapa yang diperbaiki dan diganti, diantaranya memparbaiki system alur pengeras suara, melepas horn yang sudah jelek, mengganti potocel dan beberapa spare part lainnya, dan memperbaiki lampu pada pinggiran kubah. Agenda perbaikan tersebut selesai sebelum dzuhur sehingga adzan dzuhur pun dapat tersuarakan seperti biasanya.

Harun Abdul Aziz
Sekretaris 1 MUA
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !




Ikut Kajian ! ! !

Download Brosure



Informasi Jadwal Kajian & Pelatihan

1. Kajian Aqidah
Bersama Ust. Abdussalam Busyro
Setiap Hari Selasa (*pekan ganjil) Ba'da Maghrib

2. Kajian Pendidikan dalam Islam
Bersama Ust. Fatan Fantastic
Setiap Hari Selasa (*pekan genap) Ba'da Maghrib

3.
Kajian Tafsir Al-Qur'an
Kitab Al-Muyassar
Bersama Ust. Suprianto Pasir, M.Ag
Setiap Hari Rabu Ba'da Maghrib

4. Kajian Tafsir Juz Amma
Bersama Ust. Okrisal Eka Putra, Lc
Setiap Hari Kamis Ba'da Maghrib

5. Kajian Akhlak
Bersama Ust. Abu Abdirrohman
Setiap Hari Jum'at Ba'da Maghrib

6. Pelatihan Tilawatil Qur'an
Bersama Ust. Ngaliman (Qori' Nasional)
Setiap Hari Sabtu Ba'da Maghrib

7. Pelatihan Adzan
Bersama Alumni TMUA UII
Setiap Hari Sabtu & Ahad Ba'da Shubuh


 
Support : Creating Website | Forum Berbagi | Ulil Albab UII
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. : Ulil Albab Cahaya UII : - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Forum Berbagi